Cerita dari Borneo - Mengunjungi Orangutan dan Beruang Madu di BOSF

August 18, 2017


Selama ini saya hanya mendengar dan melihat Orangutan melalui media online dan tv saja. Tidak pernah bertemu langsung sampai adanya kesempatan berkunjung ke Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) di Samboja Lestari, Kalimantan Timur. 

Yayasan ini telah menyelamatkan dan merawat lebih dari 200 Orangutan di Samboja Lestari. Selain proses rescue, setelahnya Orangutan akan karantina, dan melakukan psikologi test. 


Orangutan adalah Umbrella species dan juga penyebar biji-bijian guna membuka kanopi hutan. Setelah mereka sudah selesai dikarantina, kemudian akan di release lagi ke habitatnya. 

Kami terlalu asik di Tempat Wisata Bukit Bangkirai tadi, kami tiba di Samboja sekitar jam 15:30. Akhirnya feeding time terlewat deh. Tidak sempat melihat teman-teman staff Samboja Lestari memberi makan langsung Orangutan yang ada disana. Sayang sekali ya ? Padahal saya pengen juga ngerasain langsung ngasih makan Orangutan. Hehe ! 

Mbak Lisa dan Mas Ardi
Terletak di kawasan hutan konservasi Samboja Lestari. Bekerjasama dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, lebih tepatnya di unit teknis khusus Departemen Kehutanan Republik Indonesia. 

Lokasi BOSF terletak 38 kilometer dari kota Balikpapan. Setelah selesai bermain Canopy Bridge di Bukit Bangkirai, saya dan teman-teman blogger dan selebgram mengunjungi Tempat Rehabilitasi Beruang madu dan juga Orangutan. Jalan menuju  lokasi cukup bikin kami yang menaiki kendaraan 4x4 ini bergoyang rasanya. Karena selain jalanannya berbatu, masih tanah merah yang jika hujan sudah pasti becek.

BOSF juga mengelola suaka beruang madu di Samboja Lestari. Sampai saat ini, sudah menyelamatkan sekitar 50 Beruang Madu yang masih dalam perawatan rehabilitasi. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan lagi naluri alam (forest skill) yang mereka punya. Kemudian setelahnya bisa di release kembali ke habitatnya di alam liar. 


Ah, mereka ini lebih adorable kan ? fotonya @ranselusang nih !
Kiri - Kanan : Nicko @nickosilfido , Ode @Schode , dan Yudha @CatatanBackpacker
Jika kamu berencana untuk mengunjungi Samboja Lodge, jangan lupa kalau kamu harus booking dari jauh hari ya. Minimal 3-4 hari sebelumnya. Dengan mengeluarkan kocek sekitar 50 USD kamu sudah mendonasikan sebagian uangmu untuk mereka. 

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengasuh salah satu dari mereka, bisa cek info selengkapnya disini ya ! 

BOSF Samboja Lestari 
Jalan Balikpapan-Handil Km. 44, Kecamatan Margomulyo, 
Samboja, Kalimantan Timur 75273 
Telp. 082149418353 (Mbak Lisa) 
Email: bos_kaltim@orangutan.or.id 


(edit mode).

You Might Also Like

0 comments

Instagram

Subscribe