Experiencing Changi Airport in a Blast

March 17, 2018






Langit Siang itu sangatlah cerah. Saya memandangi ke arah luar jendela dimana pesawat mulai bergerak pelan hingga kemudian berhenti. Hati saya sudah tidak karuan rasanya. Memaklumi diri bahwa ini kali pertama menginjakkan kaki di negeri orang. Saya selalu suka pengalaman baru. Challenging untuk saya dan rasanya ingin segera turun untuk melihat langsung bagaimana Changi Airport yang kata orang paling oke.

Dan benar saja, setelah turun hati saya deg-degan sekali. Karena bandara ini cukup ketat pemeriksaannya. Setelah sampai kami langsung jalan-jalan di sekitar terminal. Enaknya bepergian dengan menggunakan backpack adalah saya bisa dengan ringan berjalan kesana kemari tanpa ribet dengan koper yang harus saya tarik sepanjang saya jalan berkeliling.

Terletak dibagian ujung timur Singapura sejak 29 Desember 1981, Changi Airport merupakan salah satu bandara tersibuk di Asia dan dunia dengan kapasitas sekitar 62.2 juta penumpang yang berkunjung di setiap tahunnya. Dan cukup melongo sendiri dan sampai gak bisa berkata apapun ketika sampai dan bisa melihat semua kemegahan, ornament indah dan sighseeing seperti yang saya lihat di sekeliling. So overwhelming to be honest.

Ah, saya perlu Wifi! Ini juga sangat membantu ketika saya tidak bisa online. Karena berangkat saya tidak sempat mengganti kartu saya dan juga budget yang irit, saya gunakan jaringan internet yang disediakan terbatas. Coba datangi pusat informasi yang terletak di dekat tangga turun menuju pintu keluar Imigrasi untuk password Wifi nya. Hanya 2 jam saja batasan pemakaian dengan menggunakan #WiFi@Changi ini saya sudah bisa online untuk update status biar tetap eksis di socmed seperti orang-orang. Atau kamu bisa download aplikasi iChangi untuk menikmati 24 jam Wifi gratis!

Lalu perut rasanya lapar sekali setelah berkeliling. Kemudian kami langsung menuju Singapore Food Street yang ada di Terminal 3. Di sini kita harus menukarkan uang dulu untuk belanja makanan dengan menggunakan kartu. Diantara semua makanan yang tersedia, saya memilih mencoba Beef Soup Odeon Noodles dengan harga $6. Not bad.


Banyak yang bilang Changi Airport adalah surga dunianya belanja. Tapi rasanya saya ini belum ada mood nya untuk berbelanja sekarang. Kalau mau berkeliling lagi di sini bisa mendaftar untuk tur gratis Singapura. Bus akan berangkat beserta satu pemandu setiap hari di waktu tertentu. Tour nya pun tersedia dua tour yang akan membawa kamu menikmati Warisan budaya dengan kunjungan ke kawasan colonial dan budaya Singapura. Atau Tour Pemandangan kota yang megah seperti Singapore Flyer, Marina Bay Sands, dan Esplanade. Untuk Free Tour ini kamu bisa mendaftar ke information center di masing-masing terminal. Dan paling tidak syaratnya adalah transit sekitar 5-6 jam. Kenapa ? Karena kamu akan diajak tour selama 2,5 jam dan jangan dulu keluar imigrasi ya. Selain itu kalau para orang tua yang bawa anak kecil juga tersedia Playground dan tidak bikin anak bosan dan cranky menunggu jika sedang transit.


Kalau mau killing time ada Koi Pond di area samping dekat tempat makan dan area toilet. Ada jam tertentu jika ingin memberi makan ikan koi nya. Untuk ibu, bisa mencoba Massage Chair yang tersedia untuk melemaskan otot badan yang kelelahan karena menunggu transit. Cara pemakaiannya juga mudah sekali. Pencet tombol on dan silahkan mengatur seberapa kencang pijitan yang diinginkan. Dan untuk Ayah yang perokok, pojok merokoknya berada di bagian outdoor, di samping Koi Pond.

Diantara semua, satu hal menarik bagi saya adalah toilet yang cukup fancy. Di dalam Make up room ini rasanya kalau mau dandan juga bisa berlama-lama demi alis setinggi gunung dan bulu mata cetarmu yang membahana. Letaknya juga di sebelah dalam dekat mesin Atm dan toiletnya ada 2 pintu yang tembus keluar sisi sebelah menuju smoking room.


T4 Highlight

Di Terminal 4 lain lagi nih. T4 yang baru beroperasi sejak 2017 lalu ini jauh lebih fancy menurut saya. Karena sambil lalu dan hanya di area transit saja, saya sedikit mengambil gambar demi memuaskan diri juga disi ni. Fasilitas Automated Check-in kiosk demi meminimize antrian penumpang yang mau self check-in tersebar dimana-mana. Tempat makan pilihan juga bisa dinikmati di sini. Terminal ini megah sekali. Saya rasa tidak akan cukup satu hari saja untuk menikmati fasilitas dan semua yang ada. Fix, next time kesini lagi, saya harus explore lagi dan lagi. Ah, terlalu banyak yang bisa dinikmati di Changi Airport !






  

Nah, Kalau kamu mau menangin sepasang tiket PP ke Korea via Changi Airport Singapura, akan jauh lebih asik kalau kamu sempatkan dirimu untuk mengikuti kontes foto #ChangiDiHati . Foto dirimu dengan gesture hati atau tambahkan sticker hati dan ceritakan kenapa Changi Airport selalu di hati. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan Changi Gift Card senilai S$200. Kontes ini berlangsung dari tanggal 14 Februari 2018 hingga 31 Maret 2018. Good luck !





You Might Also Like

10 comments

  1. Komplit memang Changi. Mau apa aja Ada. Belum pernah ke T4. Penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh aip seharian juga gak akan cukup keknya mau kelilingan disini :D

      Delete
  2. Aku betah banget selama di changi, berasa bukan bandara malah lebih kayak mall hihi

    ReplyDelete
  3. Been here! Sampai lupa waktu dan malah ketinggalan pesawat saking nyamannya. 😂 Yes, overwhelming! Buatku, makan Subway sandwich dan cookiesnya adalah salah satu ritual wajib kalo ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. What ? Sampai ketinggalan pesawat ? Parah Dika ihh keenakan yaa keliling Changi .. Duh kok ngakak yaa kwkw

      Delete
  4. ahh yesss... I also have lots of good memories here... Changi memang salah satu airport yg sangat friendly... bener tuh kata mba Andika, makan Subway sandwich is mandatory jg buatku kl ke Singapore.. yukk kita kudu backpackeran barengg mba Griska... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh eh yuk ! Beneran ini. Kuta atur pokoknyaa yaa Esthi dan Dikaa !!

      Delete

Instagram

Subscribe