Seintim Ini dengan Tambang di Barat Daya Sumbawa

August 19, 2017

Siapa sangka saya terpilih dari salah satu peserta #NewmontBootcamp yang sudah diselenggarakan ke empat kalinya. Selama 7 Hari kami berangkat dengan total 16 peserta yang terpilih, 2 pendamping dari alumni #NewmontBootcamp sebelumnya, Dan juga dari Newmont dengan total 21 orang. Kami semua akan mengikuti serangkaian program yang padat merayap seperti semut mencari gula. Mengenal tambang lebih dekat dan tinggal di area tambang serta mengetahui proses pertambangan adalah hal yang awalnya saya sangat tidak tertarik karena saya termasuk orang yang berada di antara. Antara iya dan enggak. Yaah, semacam gak mihak manapun.
 



 







So, kami mendapat kebanggaan untuk mengunjungi Tambang Newmont di sebelah barat daya pulau sumbawa, di kecamatan jereweh dan sekongkang, di kabupaten #sumbawa. Tambang yang katanya banyak merugikan NKRI !
Nah, Program #NewmontBootcamp ini adalah program terbuka yang Newmont lakukan agar manusia macam saya ini bisa mengerti lebih jauh tentang kegiatan operasional tambang dan juga proses reklamasi yang seiring berjalan di lakukan juga. Disini kita bisa melihat dan mengobservasi dengan dekat dan nyata tentang bagaimana pengoperasian tambang bisa sangat bertanggung jawab.
Siang itu cukup terik dengan awan yang berkumpul seperti kapas yang di edit di photoshop. Padahal sebelumnya sudah habis di guyur air hujan merata ke seluruh tambang. Di area pertambangan dengan luas 400kilometer persegi ini, logam berharga, emas, tembaga, perak, di olah dan Tambang telah beroperasi maret 2000 lalu. Kami semua berkeliling tambang menggunakan Bis Besar yang mengantar kita semua ke area tambang yang dikunjungi.
Bagi yang suka sekali mengemudikan kendaraan dengan kecepatan di atas rata-rata, jangan berharap akan menantang adrenaline kalian untuk berkendara dengan kecepatan tinggi disini. Kecepatan kemudi kurang lebih 60km/jam saja yang berlaku disini.
Siang itu kami mengunjungi lokasi yang ada cerukan besar atau yang biasa disebut dengan Pit Batu Hijau. Ada Mbak Ony Paramitha, Senior Engineer Dump & Project PT NNT kebetulan ikut dengan kami dan menjelaskan banyak sekali detail tentang Tambang Batu Hijau ini. Istilah Batu hijau muncul dari kandungan besi yang teroksidasi dengan air maka muncul warna hijau.
Dari jauh terdengar bunyi dentuman ledakan yang memekikkan telinga. Ya ! Kegiatan peledakan di lakukan pada pagi hari. Tetapi kegiatan penggalian, pengeboran dilakukan gi pagi dan malam, pengerjaan 24 jam sehari. WOW !
Terlihat dibawah sana, Haul Truck dan alat berat lainnya saling support satu sama lain dalam proses pengerjaan tambang setiap harinya. Tidak jarang terlihat pandangan mata, banyak sekali saya menemukan hewan-hewan yang berkeliaran bebas di sekitar tambang. Sungguh saya sangat menikmati pemandangan langsung operasi tambang yang berlangsung. Apalagi bisa sangat dekat dengan truk gaulnya tambang. Haul Truck namanya, daya angkutnya sekitar 240ton dan satu roda Haul Truck ini harganya 300 juta saja. Saat tambang tidak beroperasi tahun lalu, semua alat berat ini tetap harus di maintenance setiap harinya. Uhuy ! 
Kegiatan dari #NewmontBootcamp selain kegiatan visit Tambang, Saya juga pergi ke lokasi reklamasinya Newmont. Yang bikin saya amazed bahwa ternyata yang di pikir orang-orang kalau Newmont itu hanya mengeruk keuntungan dari tambangnya itu tidak demikian pada kenyatatanya. Semuanya di kembalikan lagi ke alamnya semula. Dan proses pengembaliannya bisa bertahun-tahun untuk menjadi sepenuhnya hutan kembali. Tahap-tahap reklamasi permanen, selain penyebaran dan pemadatan tanah, di tahun 2014 juga di siapkan semai sebanyak 60.461 semai yang di kembangkan secara generative (biji) dan vegetative (cabutan). Kemudian di lanjutkan dengan pemeliharaan area reklamasi hingga sekarang.
Setelah melihat sendiri semua proses dari kegiatan tambang dan berkeliling langsung melihat tambang dari dekat, secara langsung, pastinya saya mengharapkan adanya pengembangan program agar bisa sustain untuk kedepannya. Ah, saya merasa tidak cukup waktunya hanya seminggu tinggal di tambang. Bukan hanya 1 minggu, mungkin bisa 1 bulan ?
14231530461035619913
1423153133355405525
1423862541375118670
1423862597326787988
14238626092088830443
14231544071407139576

_Postingan ini pernah di post di Kompasiana,


You Might Also Like

0 comments

Instagram

Subscribe