3D2N exposed for Pesona Mandalika-Lombok 2017 [ii]

August 22, 2017



Mendengar kata Rinjani saya sangat bersemangat. Karena saya benar-benar penasaran ingin sekali ke puncaknya. Sudah lama juga rencana yang hanya tinggal rencana karena sesuatu dan lain hal. Hari ini kami akan berangkat explore Lombok Timur. 

Seriously taken by my Xiaomi Redmi Note 3. 



Perjalanan dari hotel kami menuju Sembalun cukup memakan waktu sekitar satu jam setengah. Jalannya juga berkelok dan naik turun dan keluar masuk hutan. Yang bikin gak mau tidur adalah pemandangan kanan kirinya. Sawah membentang dkelilingi gunung dan bukit. Indah sekali.

Hari kedua ini kita akan mengunjungi beberapa spot pariwisata yang sudah wajib dikunjungi oleh wisatawan. Spot pertama yaitu Sembalun yang ada di Kawasan Alam Konservasi Geopark Rinjani. Pada pemberhentian pertama adalah satu tempat berfoto favorit dan tempat bersantai dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan bagi wisatawan yang mampir sebentar kesini. 

 



Lucunya disini banyak sekali monyet yang bebas berkeliaran. Dan kebanyakan pengunjung disini juga sudah menyiapkan makanan atau cemilan yang bisa dikasih ke monyetnya. Beberapa dari mereka dengan agresif menghampiri orang-orang yang melemparkan kacang-kacangan atau remah roti untuk mereka makan. Sepertinya sudah menjadi kebiasaan juga ngasih makan begini. Monyetnya jadi manja dan seharusnya mereka mencari makan sendiri di habitatnya. Ya, begitu.



Bukit Selong
Bukit Selong ini ada di  Sembalun Lawang, Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian cuma ingin selfie saja tanpa mau susah payah berkorban banyak seperti naik ke gunung tinggi, Bukit Selong ini bisa menjadi alternatif yang cukup oke lho. 
Setelah asik berfoto dan santai sejenak, kami melanjutkan perjalanan  menuju Bukit Selong. Pada saat kami datang ternyata ada pasangan yang sedang melakukan sesi foto prewedding. seru ternyata spot nya. Rumah desa adat disana juga menarik untuk dijadikan spot foto juga.


How to get there ?
Kalau mau kesini lebih baik bisa menggunakan sewa mobil dari Mataram. Perjalanan bisa ditempuh sekitar 2-2,5 jam saja. Lumayan ya? Rute menuju Bukit Selong ini dari Mataram-Senggigi-Tanjung-Bayan, kemudian Sembalun, atau bisa juga menempuh jalur Timur lewat Jalan Raya Mataram - SikurJalan Segara Anakan, Jalan Wisata Gunung Rinjani dan finally kamu sampai di Sembalun Lawang. 
Nah, kalau kita ingin melihat bagaimana hamparan luas sawah yang ada disini kita harus naik tangga dulu. Bagusnya sudah ada track yang memudahkan kita untuk trekking sedikit ke atas. Yaah, kalau kamu ngaku anak gunung, untuk jalan ke bukitnya gak makan waktu lama kok. Yah sekitar 5 menit naik tangganya. Tapi kalau kamu adalah salah satu yang very very very very slow walker seperti saya ya naik ke atas saja bisa sekitar 10 menitan atau lebih deh. Kemudian kita bisa melihat landscape yang luar biasa.

Sembalun, i'll surely gonna go back here very soon. Up to Rinjani summit for real ! 

for more to this journey, you can watch this one vlog from Adit ~ 







You Might Also Like

0 comments

Instagram

Subscribe