To see, to listen, and to feel ... To ACT !

June 28, 2014

Bicara Wisata Tambang kemarin, Saya dan Mas Benny Rhamdani  ( 
 ) berkesempatan menyambangi Tambang Newmont mewakili teman-teman Bootcamp IV. Ternyata kami tidak hanya berdua saja, ada Mba Valencia Mieke Randa (@JustSilly) dan Mas Harris Maulana ( @harrismaulyang juga ikut mewakili blogger. Bukan berwisata yang seperti biasanya, kami akan melihat sendiri dampak nyata dirumahkannya 3500 karyawan Newmont yang dirumahkan (stand by). Juga dampaknya kepada orang-orang di sekitar lingkar tambang. 

DAY : 1 

Perjalanan kami siang ini melalui Dermaga panjang Kayangan menuju Benete.





Setelah sampai sudah menjelang sore, dan karena sudah terlalu senja untuk melanjutkan visit, kami semua mampir ke kantor dimana Newmont memberikan materi video tentang safety. Ya ! disini, itu jadi nomor 1, Presidennya nomor  ? Jawab sendiri ya ! ^^ Kemudian kami dibagikan seragam safety from head to toe. manteb ya ? lalu semua menuju ke Town Site untuk makan malam, pembagian kamar, lalu tidur.

Karena kita berangkat bersama teman-teman Media, kamar kami dipisahkan masing-masing satu kamar. Dan suasana Town Site malam itu cukup spooky buat saya. Tetapi atmosfir yang saya dapat ya berasa tidak seperti di Indonesia. Tapi ya SEPI !





Ini kamar saya menginap, konon katanya kamar-kamar ini adalah tempat untuk VIP lho ! Ah ! memang rejeki anak soleha ya ^^ Meskipun dikasih fasilitas satu kamar satu orang, saya memilih berdua. Biar sedikit mesra, begitu ! Haha !



~~

DAY : 2

Pagi ini langit semacam kurang bersahabat, sempat hujan. jadwal kami pagi ini mengunjungi site. Harapan saya bahwa langit akan cerah dan meneluarkan gumpalan awan bagus diatas sana. Ah, kita tunggu siang nanti ya ? :)

Mobil-mobil dibawah ini banyak yang memakai bendera diatasnya, guna bendera itu adalah tanda untuk Haul Truck agar kelihatan dari atas. Hari ini hujan dan langit betul-betul tidak berwarna. Tidak seperti hati saya yang besar dan selalu berwarna. Ah ! :D


Kali ini kami tidak boleh keluar dari mobil, karena ada pekerjaan di sepanjang jalan kami di site. Dan memang sudah diinfokan bahwa pasca di berhentikannya operasi Tambang Newmont ini awal Juni lalu, sudah hampir tidak ada pekerjaan apapun di setiap harinya di seputar site. Padahal saya penasaran sekali kalau banyak kegiatan disini, sudah pasti saya bikin ramai ! Hahaha ! 
So akhirnya sightseeing dari dalam mobil saja. 



Kebayang ga semua Haul Truck ini nangkring aja ditempatnya tanpa ada pekerjaan yang super sibuk dari ujung ke ujung ? 
Dan setiap hari harus maintenance. Maintenance = cost ! Ada sih beberapa yang lewat sliweran dan bisa saya foto, tapi dari dalam mobil ! ~


I cant imagine how big this thing is ... 
Penasaran foto di ban nya deh ! hmm ..

 
~~

Kita berhenti di Warehouse Production yang tidak ada kegiatan sama sekali, sepi ! Disini, semua proses bisa kita lihat kerjaannya, dan sayang sekali Saya tidak bisa sampai di atas sana untuk melihat langsung prosesnya dari atas. Tapi langitnya nampol banget ya ? ;)





~~

Lanjut lagi ke moment yang saya tunggu, bertemu langsung dengan masyarakat lokal sekitar lingkar Tambang. Siang itu terik sekali di Benete, dan kami sampai ke tempat para penyedia jasa ojek berkumpul disana. Semacam base camp nya abang ojek disini ^^






Bertemu dan ngobrol langsung dengan Pak Mujahidin, Tukang Ojek beranak 7 di Benete yang terkena dampak langsung menurunnya penghasilan hariannya yang kini sepi. 




Warung-warung yang ada di sekitarnya ini pun sepi. 




Kami kemudian ngobrol sama Ibu Nur, 42 tahun yang berjualan di warung ini. Ibu Nur sudah berhenti masak nasi. Sekarang dia hanya menjual minuman yang memang hanya tinggal menghabiskan stok yang ada saja. 




Sore di Pasar Maluk, juga sepi dari kegiatan ekonomi. 



@harrismaul :


Cerita lagi dari H.Abdul Gani (48) pengusaha lokal yg menjadi kontraktor Newmont dulu punya 400 karyawan. Sekarang semua di PHK

@harrismaul :
Sambil memelas dan berkaca2 mereka berkata, "Tolong Newmont dikembalikan seperti semula...." pic.twitter.com/RdHjV5QBkw

More to read : 
blog nya Mba Silly ~

~~

Ingin rasanya menangis setelah melihat langsung apa yang terjadi pada masyarakat lokal sekitar Lingkar Tambang ini. Saya tidak bisa bayangkan banyak dari mereka ini yang menarik anaknya dari sekolah di Lombok karena sudah tidak punya biaya sekolah untuk kedepannya. Banyak pengusaha kecil maupun besar ikut merasakan dampak Tambang tidak beroperasi lagi. Juga rumah-rumah yang dijual dan di kontrakkan. Kehidupan mereka juga berjalan karena perusahaan Tambang. Bagaimana nasib mereka disini jika ini berlarut terus begini ya ? Semoga segera tercipta solusi bagi mereka agar bisa normal kembali dan jauh lebih maju lagi. Ya, semoga ya ! *berdo'a 

~~

DAY : 3

Hari ini jadwal kami meninggalkan Benete kembali ke Lombok, and fly back to Jakarta ! 
Yang berkesan membekas pada saya adalah bisa bermain dengan anak ini, Ulis namanya. Saya temukan dia sedang bermain sendiri lalu saya ajak ngobrol sambil menikmati keindahan Pantai Pasir Putih Maluk, Sumbawa Barat ini. Saya akan kembali kesini, Semoga !




:)  

(Video coming soon)

You Might Also Like

0 comments

Instagram

Subscribe